Kamis, 20 Januari 2011

Kasus RIM

 Description Case

RIM adalah pemimpin dunia di pasar komunikasi mobile. Didirikan pada 1984 oleh Mike Lazaridis 23 tahun mahasiswa Universitas Waterloo, RIM merancang, memproduksi, dan memasarkan produk BB yang baru saja mencapai 14jt pelanggan diseluruh dunia, dan pendapatan lebih dari $ 6 miliar. di awal tahun 2008, RIM adalah salah satu perusahaan canada terbesar dengan kapitalisasi pasar sebesar $69.4 million.



  secara khusus, organisasi yang sensitif terhadap informasi, seperti pemerintah AS dan lembaga keuangan besar adalah pengadopsi utama dan pelanggan setia RIM BB. R&D adalah inti dari keberhasilan BB, 
  Diawal 2008, sebagian besar R&D masih dilakukan di waterloo, dengan beberapa pekerjaan inti juga dilakukan di ottawa dan produk serta teknologi di seluruh US dan UK. RIM mengeksplorasi ekspansi global. Dengan memiliki customer service yang beroperasi di singapore dan kantor perwakilan sales & marketing di prancis, jerman, itali, spanyol, cina, australia, hong kong dan jepang.
Di bulan maret 2007, RIM mempekerjakan 2100 orang dengan perbedaan R&D ditiap area. Seperti radio, design radio, interface/tampilan improvement, antenaa design, power management, dll. Sejak tahun 200 grup R&D meningkat dari 200 menjadi 2100 orang dan berlokasi di canada, inggris, bagian USA.
Knowledge goal strategic
1.Menjadikan perusahaan menjadi yang terdepan dalam hal inovasi.
2.Terciptanya kepuasan pelanggan atas produk yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.
3.Peningkatan profit perusahaan, sehingga terciptanya kepuasan dan kredibilitas investor.
4.Menjadi perusahaan yang kompetitif karena karyawan perusahaan yang berkualitas.
5.Menjadikan perusahaan market leader dalam hal efisien & efektif memproduksi produk.
6.Menjadikan perusahaan market leader dalam hal Kualitas atas komponen yang diperoleh dari supplier terpecaya.
Knowledge goal operasional
1.Memastikan tersedianya buku paduan untuk perekrutan karyawan, untuk merekrut karyawan yang berkualitas.
2.Mengadakan training mingguan karyawan, untuk meningkatkan kualitas karyawan.
3.Memberikan paduan kepada karyawan tentang bagaimana menjalankan kegiatan dengan efisien dan efektif.
4.Memberikan tips dan trik cara memilih supplier yang bisa dipercaya.
Knowledge goal Normatif
1.Memastikan karyawan mengadakan rapat mingguan untuk membahas inovasi dan produk yang dibutuhkan pelanggan.
2.Memberikan dorongan karyawan untuk memberikan solusi, usul terhadap masalah produk.
3.Memastikan karyawan memperhatikan peraturan pemerintah yang berlaku dan aturan disetiap negara yang berbeda, sebelum menciptakan produk baru.
4.Memiliki komitmen untuk meningkatkan profit setiap tahunnya.
 Core proses
 
1.Proses penelitian dan pengembangan produk.
2.Proses pembelian komponen BlackBerry.
3.Proses pemasaran produk yang efektif.
4.Proses perekrutan karyawan yang memenuhi standar berkualitas.
5.Proses pelayanan customer yang baik dan ramah.
Identify struktural
1.Prosedur kerja didalam perusahaan, supaya karyawan perusahaan dapat menjalankan aktivitas sesuai yang di tetapkan perusahaan.
2.Standar Perekrutan karyawan, untuk menyeleksi calon karyawan yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.
3.Knowledge tentang aturan pembelian komponen- komponen BB, supaya bagian pembelian melakukan pembelian komponen pada supplier yang tepat.
4.Knowledge tentang karyawan, untuk memudahkan pencarian karyawan yang unggul dalam bidangnya.
Knowledge tentang produk, untuk memastikan 



 fungsional
1.Pedoman penempatan posisi karyawan.
2.Knowledge tentang tips menangani customer, untuk memberikan pelayanan yang baik.
3.Panduan memilih lokasi strategi dalam menjual produk BB, untuk memilih tempat pemasaran BB yang strategis.
4.Knowledge tentang strategi melakukan penjualan, untuk meningkatkan profit.
5.Knowledge tentang supplier, untuk memastikan bahwa supplier yang dipilih dapat menyediakan komponen yang berkualitas tinggi.
 Behaviour
  
1.Kritik, usul, solusi karyawan untuk proses bisnis yang berjalan.
2.Pertemuan mingguan untuk membahas inovasi dan masalah produk.
3.Budaya ketepatan dalam waktu dan sasaran ketika memberikan pelayanan kepada customer.
Pemetaan Fitur   
 
A. Notulen Rapat
  Detil tentang untuk menuangkan ide, usulan , problem dan solusi.
B. SOP
  Detil tentang kegiatan, PIC dan prosedur menjalankannya.
C. Syarat Requirement
  Detil tentang Jabatan dan syarat minimal merekrut karyawan.
D. Knowledge Product
  Secara detil tentang produk fungsi dan manfaat, potensi pendekatan pemasarannya.
E. Standard Produksi
  Secara detil tentang proses produksi, PIC, prosedur, durasi pelaksanaan.
F. Knowledge Supplier
  Secara detil tentang Supplier, Masalah, solusi dan dampak dalam menangani supplier.

Tidak ada komentar: