Senin, 04 Oktober 2010

Pert-2B


Knowledge management pertemuan 2b


  1. Bagaimana sebuah knowledge dapat meningkatkan “goodwill” perusahaan?
       Sebuah knowledge dapat meningkatkan kebaikan suatu perusahaan adalah dengan :
  • Membuat keuntungan perusahaan meningkat dengan adanya knowledge untuk mendapatkan hal tersebut.
  • Memelihara asset perusahaan dengan knowledge yang berkaitan dengan hal tersebut
  • Menjaga hubungan perusahaan dengan perusahaan lain dengan knowledge di bidang hubungan (relationship)
  • Menjaga stabilitas harga saham perusahaan agar tidak jatuh dan menjadi bangkrut dengan knowledge di bidang ekonomi yang baik.
  • Menjaga hubungan baik perusahaan dengan masyarakat sekitar
  • keuntungan perusahaan meningkat

2.  Apa yang dimaksud dengan intellectual asset?
     Intellectual Asset merupakan ilmu pengetahuan, seni, sastra, pengalaman, dan kemampuan (skills) daripada karyawan dalam sebuah perusahaan.
Intellectual asset adalah kekayaan yang timbul atau lahir dari kemampuan intelektual manusia. Karya-karya yang timbul atau lahir dari kemampuan intelektual manusia dapat berupa karya-karya di bidang teknologi, ilmu pengetahuan, seni dan sastra. Karya-karya tersebut dilahirkan atau dihasilkan atas kemampuan intelektual manusia melalui curahan waktu, tenaga, pikiran,daya cipta, rasa dan karsanya. Hal tersebut yang membedakan kekayaan intelektual dengan jenis kekayaan lain yang juga dapat dimiliki oleh manusia tetapi tidak dihasilkan oleh intelektualitas manusia. Sebagai contoh, kekayaan alam berupa tanah dan atau tumbuhan yang ada di alam merupakan ciptaan dari sang Pencipta. Meskipun tanah dan atau tumbuhan dapat dimiliki oleh manusia tetapi tanah dan tumbuhan bukanlah hasil karya intelektual manusia.Kekayaan atau aset berupa karya-karya yang dihasilkan dari pemikiran atau kecerdasan manusia mempunyai nilai atau manfaat ekonomi bagi kehidupan manusia sehingga dapat dianggap juga sebagai aset komersial.

3.Jelaskan mengapa knowledge semakin dibutuhkan?    
    Knowledge (Ilmu Pengetahuan) semakin dibuktuhkan karena beberapa hal yakni:   
  • Ilmu pengetahuan adalah syarat mutlak untuk melakukan suatu hal.
  • Ilmu pengetahuan membuka pintu untuk hidup yang lebih baik.
  • Ilmu Pengetahuan membantu sesering untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
  • Ilmu pengetahuan yang baik dan bermanfaatlah yang dapat memenuhi poin poin diatas.
  • Knowledge adalah kunci untuk segala sesuatu
  •  Semakin berkembangnya zaman dan teknologi maka persaingan akan semakin ketat, sehingga dibutuhkan knowledge agar perusahaan tetap eksis
  • Knowledge merupakan asset yang sangat berharga karena dapat memberikan keutungan selain keuntungan material
  • Knowledge dapat meningkatkan goodwill sebuah perusahaan
4.  Jelaskan yang dimaksud dengan organizational learning! 
.      
Learning organization (LO) atau organisasi pembelajar adalah organisasi yang memberikan kesempatan dan mendorong setiap individu yang ada dalam organisasi tersebut untuk terus belajar dan memperluas kapasitas dirinya. Dia merupakan organisasi yang siap menghadapi perubahan dengan mengelola perubahan itu sendiri (managing change). Untuk memulai mentransformasikan organisasi dimana kita berada sekarang, komponen-komponen penting yang harus ada dalam organisasi pembelajar:
 · Learning (Belajar)
· Organization (Organisasi)
· People (Orang)
· Knowlegde (Pengetahuan)
· Technology (Teknologi)

5.  Sebutkan keuntungan yang diperoleh pada peningkatan pelayanan dengan adanya
tambahan knowledge.
- Dapat menciptakan hubungan baik antara perusahaan dan customer.
- Menaikan nilai dari suatu produk atau jasa
- Memberikan kenyamanan yang lebih kepada pelanggan dalam hal pelayanan sehingga dapat menciptakan  hubungan yang baik antara perusahaan dan pelanggan
- Menambah keuntungan perusahaan
- Membuat pelanggan ingin kembali lagi karena pelayanan yang memuaskan

Tidak ada komentar: