Selasa, 12 Oktober 2010

Pert 7 - 8


1. Apa yang dimaksud dengan knowledge?
Knowledge didefinisikan dalam kamus oxford sebagai keahlian, dan kemampuan yang didapatkan oleh seseorang melalui penglaman ataupun pendidikan, baik teori maupun praktik dari suatu subyek pembelajaran. Knowledge menurut buku “Managing Knowledge–Gilbert Probst, Steffen Raub, Kai Romhardt” hal. 24 adalah seluruh badan dari pengertian/kesadaran dan kemampuan dimana tiap individu gunakan untuk memecahkan masalah. Termasuk juga didalamnya teori dan praktik.

2. Sebutkan hambatan/barrier pada transfer knowledge?
  • Hambatan dalam transfer knowledge menurut buku “Managing Knowlede–Gilbert Probst, Steffen Raub, Kai Romhardt” hal. 192 adalah hambatan individu dan hambatan kebudayaan.
  • Keterbatasan waktu dalam transfer Knowledge yang tidak memungkinkan transfer knowledge secara utuh
  • Perbedaan kemampuan tiap individu dalam penyerapan Knowledge
  • Sarana yang terbatas
  • Akses sumber knowledge terbatas.
  • Kurangnya kepercayaan
  • Perbedaan kebudayaan, kosa kata, dan referensi.
  • Pengahargaan dan status perginya ke pemilik knowledge.
  • Tidak adanya toleransi untuk kesalahan atau kebutuhan akan pertolongan
3.Fungsi dari tool Netmeeting
 sebagai alat komunikasi yang terdapat pada komputer untuk berkomunikasi dengan orang lain secara online yang terhubung dengan menggunakan IP address dari setiap pengguna komputer. Tools ini dapat juga disebut dengan komunikasi chatting untuk berdiskusi secara online.

4. Apa yang dimaksud dengan corporate memory?
Corporate memory adalah badan total dari data, informasi, dan Knowledge (ilmu pengetahuan) yang dibutuhkan untuk mengantar sasaran strategis dan tujuan dari suatu perusahaan. Selain itu corporate memory merupakan sebuah representasi secara nyata, jelas, dan tegas dari   knowledge dan informasi dalam sebuah organisasi

5.Competitive advantage
   sebuah teori yang mencari alamat beberapa comparative advantage yang kritis.
  Competitive advantage terjadi ketika sebuah organisasi membutuhkan atau membangun sebuah    atribut atau kombinasi dari atribut yang mengijinkan untuk mengungguli pesaingnya. Atribut ini  dapat memasukkan akses untuk sumber-sumber natural.Ketika sebuah perusahaan mempertahankan keuntungan yang melebihi rata-rata dari industrinya, perusahaan menyatakan prosess sebuah competitive advantage di atas pesaingnya. Tujuan utama dari kebanyakan strategi bisnis untuk mencapai sebuah pertahanan competitive advantage.
2 tipe dasar competitive advantage yaitu :
·         cost advantage
·         differentation advantage
Competitive advantage ada ketika perusahaan mampu untuk menerima keuntungan yang sama seperti terhadap pesaing (competitors) tapi dengan biaya yang rendah (cost advantage), atau menerima keuntungan yang melebihi produk bersaing (differentation advantage). Selain itu, competitive advantage memampukan posisi perusahaan untuk menciptakan nilai superior untuk keuntungan customernya dan untuk dirinya sendiri

Tidak ada komentar: